Mempercepat indexing dengan sitemap

Tags

Google mempunyai sistemnya sendiri. Dalam pengindeksan situs google memperhitungkan usia situs yang akan diindeksnya. Semakin lama usia situs semakin meningkat juga tingkat domain authority. Domain authority ini nantinya akan mempermudah proses pengindeksan situs. Jika anda perhatikan situs-situs berita seperti detik, republika, antanews serta situs berita lainnya setiap mereka memposting sebuah berita dalam kurun waktu beberapa menit bisa langsung terindeks di google dan langsung berada di halaman pertama pencarian. Itulah pentingnya meningkatkan domain authority agar dapat mempermudah indexing situs kita.

Baca juga : Tips meningkatkan domain authority

Mempercepat indexing dengan sitemap
Untuk situs yang baru dibuat memang cukup sulit untuk diindeks google apalagi untuk menembus halaman pertama pada sebuah keyword.
Tapi tenang saja, meskipun ini sulit, tapi tidak mustahil kok! untuk mempercepat indexing situs, kita dapat menggunakan sitemap. Untuk kaian yang baru mengenal dunia blog mungkin rada heran kenapa harus ada laman untuk kontak. disclaimer, privacy policy, dan sitemap?!  Semua laman itu bukan hanya menjadi pajangan semata, tapi memang sangat penting juga kegunaannya.

Meyubmit (memasukan) sitemap juga jangan sampai salah. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat panduan menyumbit sitemap yang benar dibawah ini.

Cara submit sitemap yang benar

  • Buatlah sitemap situs anda terlebih dahulu. Secara default platform blogger dan wordpress sudah mempunyai susunan xml sitemapnya. Untuk mengaksesnya tambahkan path '/sitemap.xml' setelah url blog anda tampa tanda petik. (lihat contoh)
blogger => http://namablog.blogspot.com/sitemap.xml
wordpress => http://namablog.wordpress.com/sitemap.xml
cutom domain => http://namablog.com/sitemap.xml  
  • Log in terlebih dahulu di laman Google Webmaster dengan akun gmail anda
  • Masuk ke menu Crawl > Sitemap
Mempercepat indexing dengan sitemap
  • Klik add sitemap, masukan url sitemapnya sesuai yang dijelaskan sebelumnya, dan klik Submit
Mempercepat indexing dengan sitemap

Setelah menyumbit sitemap, google bot akan memproses sitemap tersebut. Tidak langsung berdampak memang, jadi silahkan saja ditunggu. Bila cara ini masih tidak bekerja silahkan komen dibawah untuk berkonsultasi dengan admin, atau bisa langsung menghubungi admin di laman kontak.
Semoga berhasil!!